Selasa, 30 Mei 2017

CERITA HARI BUMI 22 APRIL 2017



“MEMPERINGATI HARI BUMI”
            Sabtu, 22 April merupakan peringatan hari bumi. Hari bumi merupakan hari pelestarian alam dengan cara melakukan penanaman pohon, pada hari sabtu tepatnya tanggal 22 april, kami dari prodi Teknik Lingkungan Atau yang biasa disingkat TL melakukan penanaman pohon disalah satu desa, yaitu Dusun Repok Gapuk, Desa Taman Baru Kecamatan Sekotong, biasa disebut dengan nama (Taman Baru). Saat itu kami menanam 100 pohon salah satunya iyalah pohon sengon dan jati putih, kami menanam di atas pegunungan bersama tim kreatif(komunitas Remaja Aktif) yang ada di desa Sekotong Taman baru tersebut.
            Sebelum kami mulai menanam, para tim kreatif menjelaskan serta mengajarkan kami teknik atau cara menanam karena menanam bukanlah hal yang sembarangan dan bisa disepelekan, ketika hendak menanam, terlebih dahulu kita siapkan air secukupnya kemudian barulah kita masukkan pohon yang akan ditanam tersebut ke dalam lubang yang telah digali, kemudian ditimbun, setelah ditimbun barulah kita siram menggunakan air yang telah disediakan tadi, lalu setelah itu kita ambil sebatang kayu kemudian kita tancapkan diatas tanah yang menimbun akar dari pohon tersebut sebagai penanda bahwa ada pohon yang baru ditanam.
            Di pegunungan tersebut banyak sekali pepohonan yang sudah ditebang oleh masyarakat sekotong karena itulah salah satu ajeng mereka mencari rizki. Penanaman kita lakukan setelah zuhur jam 1 sampai jam 3, oh ya, saat itu bukan hanya kami anak TL saja, namun ada juga dari prodi lain yaitu salah satunya prodi PGSD dan Rekam medis bahkan saat itu kamipun melakukan penanaman bersama prodi dari kampus lain yaitu kampus UMM (universitas muhammadiah Mataram) yang ikut berpatisifasi dalam Memperingati Hari Bumi tersebut.

            Ketika penanaman kami terlihat sangat kompak dalam menanam karena kami sadar bahkan sudah paham mengenai bagaimana melestarikan alam, bagi kami alam ataupun lingkungan merupakan sesuatu hal yang harus benar-benar diperhatikan dan dijaga sehingga tidak terjadi bencana-bencana sugro’ seperti banjir, longsor dsb. Ketika penanaman kami tidak hanya sekedar kompak, namun kami merasakan kebahagiaan yang luar biasa saat itu, saat penanaman, sambil menanam kami tertawa-tertawa bareng bersama tim kreatif dan teman-teman dari kampus UMM, kami foto-foto bareng, makan bareng dsb sehingga saat itu kami terasa seperti bersaudara padahal kami berasal dari kampus dan desa yang berbeda. Hari itu memang hari yang sangat menyenangkan, dan yang lebih menyenangkan lagi iyalah ketika kami pergi ke pantai Nambung,,,, wuhhhhh Pokoknya seru banget.
            Kami pergi ke pantai nambung setelah penanaman, awalnya sih kami tidak ada niat untuk berkunjung kesana, tapi karena saat itu kami semua beserta tim kreatif dan kepala desa sekotong sedang diliputi suasana yang bahagia, akhirnya kami  kesana juga itupun karena ajakan dari pak kepala desa sekotong. Sesampai kami disana, rasa bahagia itu semakin membara, diantara kami ada yang langsung mandi, ada yang selfi selfi, ada yang duduk-duduk, ada yang jalan-jalan disekitar pantai, ada yang main-main, ada yang kejar-kejaran dsb bahkan kepala desanyapun ikut bermain, wuhhhhh suasana saat itu sangat ramai dan sangat menyenangkan,,,,sehingga saking bahagianya kami, kami tak sadar matahari hendak terbenam, saat itu kami pulang jam-6 itupun rasanya kami berat tuk meninggalkan dan mengakhiri hari yang indah nan menyenangkan tersebut. Hmmmmmmm,,,,,, pokoknya seneng banget. Itulah yang saya rasakan saat itu.
            Jadi kesimpulan dari pada Hari Bumi yang jatuh pada tanggal, sabtu 22 april 2017 dengan tema “CINTAI BUMI SEJAK DINI” betapa pentingnya bumi ini karna bumi tempat semua makhluk hidup berkembang biak, jadi apabila bumi kita itu baik atau bagus maka makhluk hidup akan senang hidup di tempat yang bagus dan sebaliknya apa bila bumi kita rusak maka makhluk hidup tidak akan betah tinggal ditempat yang tidak bagus dan makhluk hidup pasti akan punah karna bumi yang ditempati rusak.
Jadi peran manusia adalah untuk menjaga dan melestarikan bumi ini apabila manusia tidak menjaga bumi ini maka mereka telah merusak hidup mereka sendiri.
           
           
           
           
by: zurhaini
           


Tidak ada komentar:

Posting Komentar